www.lakubos.com
Diberdayakan oleh Blogger.

About

Search

Bawang Putih dan Bawang Merah Mahal? Siasati Dengan Cara Ini!

Saat ini harga bawang putih dan bawang merah di pasaran naik dua kali lipat. Padahal banyak bumbu tradisional yang memakai bawang ini dalam jumlah cukup banyak. Agar bisa sedikit berhemat, ada berbagai cara bisa dilakukan.
Aroma wangi tajam bawang putih memang tak bisa digantikan. Demikian juga dengan tekstur renyah dan aroma unik bawang merah. Keduanya memang tak bisa dihilangkan dalam racikan bumbu masakan. Namun, setidaknya bisa disiasati pemakaiannya dengan cara ini.
1. Minyak Bawang
Minyak bawang putih atau bawang merah sangat cocok untuk memasak hidangan yang ditumis atau untuk penambah aroma sup. Cara membuatnya mudah. Cincang halus 5 butir bawang merah atau 5 siung bawang putih. Panaskan 2-3 sendok makan minyak lalu tumis bawang hingga wangi. Tuangi minyak sebanyak 200 ml dan panaskan lalu angkat dan dinginkan. Minyak bawang siap dipakai untuk menumis tanpa tambahan bawang lagi.
2. Bawang Tumis
Untuk mendapatkan aroma wangi bawang putih dan bawang merah, bisa dipakai cara ini. Haluskan 5 butir bawang merah atau 5 siung bawang putih. Ambil 1 batang daun bawang, ambil bagian yang putih saja dan cincang halus. Tumis bawang putih atau bawang merah halus bersama daun bawang hingga harum. Bawang tumis ini siap dipakai untuk tambahan aroma pada sayuran kuah.
3. Bawang Goreng
Bawang merah atau bawang putih goreng bisa menambah aroma sedap masakan. Bawang goreng ini juga lebih wangi dari yang mentah. Karenanya siapkan bawang merah dan bawang putih goreng. Pakai untuk mengganti bawang merah atau bawang putih dalam bumbu perkedel, bakso, soto, dan hidangan lainnya. Haluskan bawang merah goreng atau bawang putih goreng bersama bumbu lain. Karena aromanya lebih wangi, tidak perlu dipakai dalam jumlah banyak.
4. Bawang Bombay
Bawang bombay mengandung banyak air dan aromanya lebih kuat mirip bawang merah. Meskipun tak semanis bawang merah, bawang ini bisa dipakai sebagai pengganti. Pilihlah yang kecil-kecil karena lebih harum aromanya. Cincang atau iris tipis dan bisa dihaluskan bersama bumbu lain. Atau tumis dengan sedikit minyak. Sebaiknya tumis hingga layu dan agak kecokelatan agar aroma wanginya lebih kuat dan mirip bawang merah. Bisa untuk tumisan, sup, atau bumbu halus.
Sumber Berita
Ditulis oleh: nGalesser - Minggu, 17 Maret 2013