www.lakubos.com
Diberdayakan oleh Blogger.

About

Search

Khasiat dan Manfaat Kunyit

Khasiat dan manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat - Menurut situs wikipedia, kunyit atau kunir (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.) merupakan jenis tanaman rempah yang dikenal sebagai tanaman obat terutama di Asia Tenggara. Saat ini hampir setiap orang di Indonesia dan Asia memanfaatkan tanaman ini baik sebagai obat maupun sebagai campuran bumbu dapur.


Taukah anda bahwa tanaman yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan anda?. Adapun yang menjadikan kunyit kaya manfaat adalah kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan Kunyit yang paling dominan adalah kurkuminoid di yang merupakan pembentukan dari kurkumin, 10% desmetoksikumin, 1-5% bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, 60% tumeon, 25% Zingiberen, felandren , sabinen , borneol dan sineil. Bukan hanya itu saja, tanaman kunyit juga mengandung 1 -3% lemak, 3% Karbohidrat, 30% Protein, 8% Pati, 45-55% Vitamin C, serta jenis garam-garam mineral lainya seperti zat besi, fosfor, dan upkalsium.

manfaat kunyit

Manfaat untuk Kesehatan

   1. Mengkonsumsi kunyit dengan teratur akan menghindarkan anda dari resiko kanker dan tumor.
   2. Kunyit juga kaya akan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit anda, serta membantu meremajakan sel-sel dalam tubuh
   3. Karena kaya akan antioksidan maka kunyit dapat menghilangkan racun serta bahan kimia berbahaya yang masuk kedalam tubuh.
   4. Memperkecil resiko penyakit leukemia
   5. Kunyit dapat membantu menurunkan berat tubuh, maka baik pula di konsumsi saat menjalankan diet.
   6. Melancarkan asi ibu yang menyusui
   7. Dapat membantu melancarkan haid

Manfaat untuk Pengobatan

   1. Mengobati Diabetes Mellitus. Cara pengolahan: Siapkan 3 rimpang kunyit serta 1/2 sendok teh garam. Masukan bahan tersebut dengan 1 liter air, rebus hingga mendidih. Saring rebusan tadi  kemudian minum 2 kali seminggu, sekali minum sebanyak 1/2 gelas.
   2. Mengobati sakit perut saat Haid. Cara: Siapkan 1 rimpang kunyit kira-kira 4 cm, 1/2 rimpang kencur ukuran 4 cm, 1 rimpang jahe ukuran 4 cm. Cuci semua bahan kemudian di parut dan ambil airnya tambahkan pula perasan air jeruk. Seduh air parutan tadi dengan 1/2 gelas air panas. Agar lebih nikmat, bisa juga di tambahkan madu, gula, dan garam sesuai selera. Minum pada hari pertama haid.
   3. Mengobati sakit Magg dan Sakit Tifus. Cara 1: Siapkan bahan-bahanya yaitu, 2 rimpang kunyit, 1 buah sere, 1 lembar daun sambiloto. Semua bahan tersebut ditumbuk halus, diperas dan ambil airnya. Tambahkan 1 gelas air hangat kemudian saring kembali. Minum ramuan tersebut selama 1 minggu berturut-turut secara teratur. Cara 2:  Siapkan 1 rimpang kunyit parut, kemudian peras tanpa ditambah air. Selanjutnya tambahkan madu pada perasan air kunyit tadi, aduk hingga rata. Minum sebanyak 2 kali sehari tiap pagi dan sore.
   4. Mengobati sakit Cangkrang (Waterproken). Cara: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun eceng, kemudian tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus. Oleskan ramuan tadi pada bagian yang kena cangkrang.
   5. Mengobati Berak Lendir (Disentri). Caranya 1 rimpang kunyit, 1 potong gambir, 1/4 sendok makan kapur sirih. Kemudian direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas dan disaring. Lalu Diminum 2 kali sehari 1/2 gelas, pagi dan sore.
   6. Mengobati Mencret. Cara: kunyit 1/2 jari, Rasuk angin 1/2 sendok teh, Ketumbar 3 biji, Buah kayu ules 1 biji, daun trawas 1 helai. Campur semua bahan kemudian di tumbuk,  tambahkan air sebanyak 115 ml. Rebus hingga mendidih kemudian disaring. Minum diwaktu pagi dan sore hari, sekali minum sebanyak 100 ml
   7. Memperlancar ASI. Cara: 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus, kamdianunakan: Dioleskan sebagai kompres diseputar payudara 1 kali setiap 2 hari.

 Itulah beberapa manfaat kunyit untuk kesehatan dan obat. Jika ada info terbaru seputar manfaat lainya akan segera di tambahkan disini. Wassalam.

[Sumber Tulisan] http://www.sahabatsehat.info/2013/03/manfaat-kunyit.html
Ditulis oleh: Unknown - Rabu, 15 Mei 2013